Tips Hidup Sehat yang mudah dan sederhana

1. Segelas air putih di pagi hari
Biasakan bangun di pagi hari dengan segelas air putih, jika Anda suka bisa ditambahkan jeruk lemon atau jeruk nipis, air putih diyakini dapat membersihkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh, dan tentu saja agar Anda terhindar dari dehidrasi ( 60% tubuh kita adalah cairan ).


2. Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat membuat Anda lelah, marah dan tidak dapat menjaga konsentrasi dengan baik.
Kurang tidur juga dapat merusak fisik, kesehatan ( terutama kesehatan jantung ). beberapa penelitian menunjukkan bahwa 8 jam tidur per 24 jam ( sehari semalam ) merupakan kebutuhan standar rata-rata untuk orang dewasa.Tapi masing-masing orang bisa juga berbeda-beda berkisar antara 8 -10 jam, jika Anda masih merasa mengantuk, kemungkinan Anda masih kurang tidur.


3. Peregangan di pagi hari

Peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot Anda, dan memberikan ekstra oksigen yang akan berguna untuk melakukan aktivitas hari ini dengan penuh semangat dan optimisme.

4. Biasakan sarapan di pagi hari:

Makan pagi ( breakfast ) sangat bermanfaat sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas, sarapan juga dapat mencegah dari penyakit lambung ( gastritis ), tidak perlu takut gemuk, karena beberapa penelitian ( Konfrensi America heart Association 2003 ) melaporkan bahwa orang yang sarapan dipagi hari kecil kemungkinan untuk menderita gemuk dan penyakit diabetes jika dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan ( nonbreakfast ).


5. Jangan Merokok


Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi.


6. Mandi Malam

Menurut dr.Cici Lia Novita, mandi pada malam hari sebenarnya tidak membawa dampak negatif bagi kesehatan bagi orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti rematik, jantung dan asma. Ia mengakui, jika waktu malam hari itu udara khususnya di Indonesia kelembabannya lebih tinggi sehingga bila tubuh yang sudah kedinginan diberi air dingin akan menjadi kaku. “Tidak masalah, selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada penyakit rematik, jantung dan asma,” ujarnya.


7. Jangan Minum Minuman Berakhohol:

Pemabuk atau pengguna alkohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus, penyakit liver, dan ke rusakan otak. Kadang-kadang alkohol digunakandengan kombinasi obat – obatan berbahaya lainnya, sehingga efeknya jadi berlipat ganda. Bila ini terjadi, efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar.

Posting Komentar

Back to top