Ini Efek Samping terlalu banyak makan wortel


Wortel merupakan jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran ini menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang besar. Walaupun manfaatnya cukup banyak, jika dikonsumsi secara berlebih ternyata memiliki efek samping.
Wortel
Manfaat wortel bagi kesehatan sangat banyak seperti mencegah sembelit, mencegah kanker, mengatasi kolesterol, dan untuk kesehatan mata. Walaupun manfaat dari wortel sangat banyak, ternyata tetap harus dikonsumsi dengan jumlah cukup dan tidak secara berlebihan.
Jika Anda mengkonsumsi Wortel secara berlebihan bisa-bisa menyebabkan Carotenemia. Apa itu Carotenemia? ini merupakan kondisi dimana kandungan karoten larut dalam lemak dalam jumlah berlebih. Hal ini akan menimbulkan efek samping yaitu warna kulit menjadi kekuningan atau orange, ini terlihat jelas pada telapak tangan, telapak kaki, lutut dan juga di daerah hidung.
Carotenemia ini sering kali terjadi pada bayi, terutama yang sering diberi makan wortel. Sebenarnya kondisi ini tidak terlalu membahayakan jiwa, tapi penampilkan kulit akan mengalami perubahan yang drastis. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Posting Komentar

Back to top