Picu Penyakit Alzhaimer, akibat Begadang!

Hasil gambar untuk waspada begadang
Begadang disebut-sebut dapat menjadi salah satu pemicu penyakit penurunan daya ingat, Alzhaimer. 
Para ahli mengklaim, begadang dapat berdampak buruk di usia senja. Sebab, kerja otak Anda dapat menurun dan memicu penyakit Alzheimer.

Dilansir dari Timesofindia, sebuah temuan baru dalam penelitian yang dilakukan oleh dr Juni Lo asal Singapura, durasi tidur dapat memengaruhi fungsi kerja otak.

Penelitian ini melibatkan 66 orang dewasa. Mereka menjalani scan otak MRI struktural, mengukur volume otak dan penilaian kognitif selama dua tahun. Hasil yang di dapatkan pun cukup mencengangkan.

Seseorang yang kurang tidur, menjadi pertanda penuaan otak. Fatalnya, akan terjadi pembesaran ventrikel otak yang menjadi penanda penurunan kognitif dan perkembangan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer.

Alzheimer merupakan penyakit mematikan yang merusak sel saraf otak. Penyakit ini memakan biaya yang cukup besar. Penderita Alzhaimer akan mengalami pikun dan tidak bisa beraktivitas karena kerusakan otak. Biasanya penyakit ini banyak diderita oleh lansia berumur 65 tahun.

Penyakit ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun sayangnya belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan gejalanya seringkali dianggap sebagai suatu hal yang wajar terjadi di usia tua. Di Indonesia, estimasi jumlah Orang Dengan Demensia (ODD) sebanyak 1 juta orang, dan akan meningkat menjadi 2 juta di tahun 2030 dan 4 juta di tahun 2050.


Posting Komentar

Back to top